Infografis: 8 Fakta Geografis Indonesia


Seberapa jauh Anda mengenal negeri tercinta ini? Secara geografis, Indonesia termasuk negara yang unik. Indonesia adalah negara yang terdiri dari lebih 17.508 pulau dan maka dari itu, tatanan geografis Indonesia menjadi beraneka ragam dan tersebar di seluruh pelosok.


  1. Gunung Tertinggi di Indonesia, Kita mulai dengan gunung tertinggi. Gunung Carstensz di Barisan Sudirman, provinsi Papua, merupakan gunung tertinggi, tapi terdiri dari berbagai puncak yang mencapai ketinggian 4.884 mdpl.
  2. Pulau Terpadat di Indonesia, Indonesia terdiri dari 17.508 pulau, tapi hanya 6.000 yang dihuni. Sampai sekarang pulau Jawa memegang rekor sebagai pulau terpadat (135 juta jiwa)
  3. Danau Terbesar di Indonesia, Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan juga merupakan gunung berapi yang lama tidak aktif. Sekitar 77.000 tahun yang lalu, gunung berapi ini meletus dan mengubah iklim dunia sepenuhnya.
  4. Sungai Terpanjang di Indonesia, Sedangkan untuk sungai terpanjang di Indonesia, adalah Sungai Kapuas. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus terpanjang di Indonesia dengan total panjang 1.178 km.
  5. Titik Terendah di Indonesia, Fakta geografis berikut ini sebenarnya mempengaruhi banyak wilayah Pasifik secara keseluruhan. Palung Sunda turun ke kedalaman 7.725 meter dan merupakan titik terendah di Samudera Hindia. Hal ini belum dieksplorasi sepenuhnya hingga tahun 1950.
  6. Tempat Paling Basah di Indonesia, Bogor adalah tempat paling basah di Indonesia, di mana hujan turun rata-rata 320 hari per tahun. Tidak heran kalau kota yang dianugerahi sebutan “Kota Hujan“ ini termasuk tempat studi ilmiah utama di Indonesia.
  7. Tempat Terkering di Indonesia, Angin panas dari Australia mengalahkan setiap kemungkinan turunnya hujan di pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur. Sejauh mata memandang hanya nampak bukit-bukit kapur yang kurang subur dengan beberapa puncak perbukitan yang menjulang, namun ketinggiannya tidak melebihi 250-an meter.
  8. Gletser Terbesar di Indonesia, Indonesia tidak terkenal dengan gletsernya, tetapi ada sisa tiga gletser di negeri ini jika kita menuju puncak Puncak Jaya. Mereka tidak bisa bersaing dengan gletser di daerah lain di dunia, tapi untuk tempat yang panas dan lembab, East Northwall Firn dengan luas 1,17 kilometer persegi bisa dibilang luar biasa! Ekspedisi di sisa gletser Puncak Jaya pada tahun 2010 menemukan bahwa es di gletser setebal 32 meter dan menipis 7 meter setiap tahunnya.


I am admin https://jumankera.com